Monday, 7 December 2015

Contoh Surat Keterangan Berkerja Untuk Karyawan

Advertisement
Surat keterangan berkerja adalah surat yang menerangkan bahwa seseorang masih berkerja di suatu instansi atau perusahaan sampai dengan surat diterbitkan. Surat keterangan berkerja biasanya di minta oleh karyawan ketika mereka mengajukan suatu permohonan seperti kredit rumah, kredit kendaraan bermotor atau untuk kepentingan yang lain. Surat keterangan berkerja adalah hak setiap karyawan selama masih berkerja di suatu perusahaan jika mereka membutuhkannya, sehingga jika ada salah satu dari karyawan anda yang mengajukan untuk dibuatkan surat keterangan berkerja maka jangan dipersulit. Selama pengajuan tersebut tidak merugikan perusahaan.

Memang biasanya surat keterangan berkerja karyawan ini diperlukan untuk masalah pribadi, namun perusahaan juga harus mengetahui secara detail untuk apa surat itu dipergunakan, hal ini untuk menghindari adanya urusan pribadi karyawan yang menyangkut pautkan dengan masalah perusahaan. Nah, memang setiap karyawan berhak memperolehnya tapi pihak perusahaan juga perlu hati-hati soal itu. Lalu bagaimana format untuk membuat surat keterangan berkerja yang dimaksud? Surat keterangan ini cukup sederhana dimana isinya menerangkan karyawan tersebut memang berkerja di perusahaan yang diprint menggunakan kop surat perusahaan yang dikukuhkan oleh pejawab yang memiliki wewenang ditambah dengan stempel perusahaan. Contoh sederhananya dapat anda lihat seperti screenshoot dibawah ini.

Surat keterangan berkerja juga diminta oleh pihak ketiga yang menerima pengajuan dari karyawan tersebut, tujuannya adalah untuk meyakinkan bahwa orang tersebut sedang berkerja karena sebagai bahan pertimbangannya. Jadi surat keterangan tersebut sebagai surat penjamin orang tersebut berkerja jadi dapat di sinyalir bahwa orang tersebut sudah memiliki penghasilan yang tetap. Namun biasanya sih surat keterangan berkerja saja tidak cukup, sehingga pihak yang menerima pengajuan itu mengkonfirmasi ke tempat dia berkerja, yakni dengan menanyakan status orang tersebut di perusahaan itu sekaligus menanyakan masa kerjanya.
Konfirmasi biasanya dilakukan via phone, oleh sebab itu ketika ada konfirmasi masalah karyawan tersebut hendaknya disampaikan sebagaimana mestinya, agar sesuai dengan surat keterangan yang telah diterbitkan. Surat keterangan berkerja sangat penting bagi pegawai yang membutuhkan, tapi jangan sampai disalah gunakan untuk pengajuan yang tidak-tidak, karena akan merugikan diri sendiri selain itu juga dapat ngerepotin perusahaan jika ada penagih yang sering datang ke kantor. Format penulisan surat keterangaanya lihat dibawah ini:
===================================================================
PT. TANPA NAMA
Jl. Sangkuriyang No. 21 Surabaya
Telp: 031.xxxxxxx, Fax: 031.xxxxxxx email.surabaya@tanpanama.com
===================================================================

SURAT KETERANGAN
No. 1025/HR-KT/SBY/XII/2015

Yang bertanda tangan di bawah ini :

N a m a                     :     Andri Sujatmiko, SH.
Jabatan                     :     HRD PT. Tanpa Nama

Menerangkan bahwa :

N a m a                    : Putri Sari Asih
Jabatan                    : Sales
Alamat KTP              : Jl. Madu Senja No. xx Wonokromo Surabaya
Alamat Domisili         : Jl. Banyu Urip Tengah No. xx Surabaya

Dengan ini PT. Tanpa Nama menyatakan bahwa yang tersebut diatas adalah benar -benar  karyawan kami  terhitung mulai berkerja tanggal 21 April 2010 sampai dengan saat ini.

Demikian surat keterangan ini diberikan agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.


Surabaya, 07 Desember 2015

PT. Tanpa Nama





Andri Sujatmiko, SH.

HR. Department
===================================================================

Demikian ulasan tentang surat keterangan berkerja ini semoga bisa bermanfaat.

Advertisement

Contoh Surat Keterangan Berkerja Untuk Karyawan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Taufik Ibrahim