-->

Contoh Surat Resign Yang Baik

Contoh Surat Resign, Dalam dunia kerja istilah resign atau mengundurkan diri dari perusahaan tempat berkerja bukanlah suatu hal yang aneh lagi. Keluar masuk perusahaan sudah menjadi hal yang biasa bagi setiap pekerja manakala mereka menginginkan tempat kerja yang lebih bagus dan lebih menjajikan. Tapi bagi perkerja yang sudah mengabdi selama bertahun-tahun karena saking betahnya bisa jadi orang tersebut merasa sangat nyaman berkerja di perusahaan ia berkerja. Nah hal yang menakutkan bagi mereka adalah terjadinya pemutusan hubungan kerja atau PHK. Pemutusan hubungan kerja merupakan hal yang menakutkan bagi perkerja yang dimana mata pencahariannya hanya bersumber dari perkerjaan tersebut. Tetapi lain halnya bagi pekerja yang keluar masuk perusahaan karena keinginannya sendiri.

Memutuskan hubungan kerja dari perusahaan dapat disebabkan oleh banyak faktor, faktor umum misalnya ingin mendapatkan perkerjaan yang lebih baik lagi, atau ingin gaji yang lebih tinggi atau bisa jadi karena pindah tempat tinggal atau pindah ke luar kota. Faktor lainya yang sering menjadikan seorang pekerja ingin resign dari perusahaan adalah karena lingkungan perusahaan yang kurang menyenangkan, target terlalu tinggi atau mungkin tekanan atau preasure yang luar biasa. Sehingga membuat perkerja tidak betah dan ingin memutuskan hubungan kerja atau mengundurkan diri dari perusahaan singkatnya ingin resign.

Akan tetapi walau bagaimana pun juga, kalau ingin memutuskan hubungan kerja dengan perusahaan maka harus disampaikan dengan cara yang baik dan sopan. Cara yang baik dan sopan ini dapat disampaikan melalui sepucuk surat cinta yang namanya surat resign, bagaimana contohnya tenangnya saja dibawah ini nanti sobat akan mendapati contoh surat resign. Yang perlu anda ingat adalah meskipun anda keluar perusahaan karena alasan negatif seperti kurang gaji, lingkungan kurang nyaman, tekanan yang membabi buta atau entahlah maka jangan sekali-kali mengumbar alasan negatif tersebut ke rekan kerja apalagi ke atasan anda. Sebab hal ini malah akan menjadikan image anda kurang baik dimata perusahaan tersebut.

Sampaikanlah terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan serta ungkapkan rasa bangga karena telah manjadi bagian dari perusahaan tersebut. Tulis surat resign ini dengan menggunakan bahasa yang singkat, padat dan mudah dipahami. Selain itu agar anda memiliki kesan di perusahaan itu, anda dapat meninggalkan sesuatu yang berharga buat bersama. Serta dalam surat resign itu juga harus dan wajib anda haturkan permintaan maaf kepada management, pimpinan dan rekan kerja. Serta jangan lupa untuk memberikan selamat kepada perusahaan agar lebih sukses di masa mendatang. Lebih jelasnya mari kita lihat contoh surat resign dibawah ini:
Jakarta, 09 Agustus 2016

Kepada Yth,
Personalia PT Jaya Terus Maju
Jl. Pancoran Air No. Sekian
Jakarta Selatan

Dengan hormat,

Dengan surat ini, saya Kacung Lanang bermaksud mengajukan pengunduran diri dari PT. Jaya Terus Maju sebagai Office Boy terhitung mulai tanggal 9 September 2016.

Saya mengucapkan banyak terimakasih atas kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan selama berkeja di PT. Jaya Terus Maju. Dengan ini saya juga menghaturkan permohonan maaf kepada Management perusahaan PT. Jaya Terus Maju serta seluruh karyawan apabila selama saya berkerja melakukan kesalahan baik sengaja maupun tidak sengaja.

Saya berharap agar PT. Jaya Terus Maju terus berkembang dan sukses di masa mendatang, demikian surat pengunduran diri ini saya sampaikan atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.


Hormat saya,

[ttd]
Kacung Lanang

Perlu diperhatikan juga bahwa surat resign ini harus anda ajukan minimal satu bulan sebelum tanggal resign. Kenapa? Karena hal ini sudah menjadi aturan perundang-undangan, bahwa resign adalah hal setiap pekerja atau karyawan dengan ketentuan pengajuan resign diajukan sekurang-kurangnya satu bulan sebelum tanggal resign yang anda tentukan. Hal ini juga akan memberikan kesempatan perusahaan untuk mendapatkan pengganti anda serta anda pun bisa memberikan training kepada pengganti anda itu. Selain itu juga agar hak-hak anda atas perusahaan bisa terpenuhi. Semoga bermanfaat, baca juga : Contoh Surat Pernyataan Kehilangan dan Contoh Surat Cuti melahirkan.