-->

Tata Cara Membuat dan Menulis Makalah Yang Baik dan Benar

Membuat makalah tentunya bukan hal yang tidak asing lagi bagi seorang pelajar atau mahasiswa. Seringkali para guru atau dosen menyuruh kepada para muridnya atau mahasiswanya untuk membuat sebuah karya tulis berupa makalah sebagai bentuk tugas sekolah atau kampus. Makalah sendiri biasanya sering menjadi tugas kelompok dan di tiap-tiap kelompok terdiri dari beberapa siswa. Membuat makalah memang gampang-gampang susah, bagi sebagian mahasiswa atau pelajar yang sudah pernah bahkan sering membuat makalah pastinya sudah tau sedikit banyak tentang teknis atau aturan pembuatan makalah dan hal ini tidak menjadi soal. Tetapi bagi sebagian mahasiswa atau pelajar yang jarang atau belum pernah membuat makalah pasti akan merasa agak kesulitan. Disamping menulis sendiri memerlukan keterampilan makalah pun juga memiliki aturan yang harus dilakukan agar bisa disebut sebagai sebuah makalah.


Bagi yang merasa kesulitan untuk membuat makalah, tidak perlu khawatir di sini anda dapat menemukan panduan sederhana untuk membuat makalah yang bagus. Seperti yang saya katakan diatas bahwa penulisan makalah memiliki aturan-aturan dimana dalam suatu makalah ada bagian-bagian tertentu atau disebut dengan elemen tertentu yang saling berkaitan dan ini harus dipenuhi agar dapat disebut dengan makalah. Apa saja sih bagian-bagian dari makalah itu ? bagian atau elemen dari suatu makalah adalah sebagai berikut:

1.    Cover Makalah
Untuk membuat cover atau halaman depan makalah harus baik dan benar, dimana cover ini akan menjadi suatu ikon dari makalah itu, atau yang menggambarkan semua konten dari makalah ini. untuk membuat cover ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya:
–    Di halaman cover harus mencantumkan Judul Makalah.
–    Tulislah sedikit deskripsi sederhana tentang tujuan dari makalah itu dibuat.
–    Logo Lebaga
–    Nama penulis
–    Nama dan alamat lembaga
–    Tahun periode akademik 

2.    Judul MakalahBuatlah judul yang menarik dan sesuai dengan isi makalah 

3.    Kata Pengantar
Setelah membuat judul makalah selanjutnya buatlah kata pengantar, kata pengantar minimal tiga paragraf caranya:
–    Paragraf pertama adalah pembukaan dengan pujian-pujian kepada Tuhan YME, dan sisipkan judul makalah.
–    Paragraf ke dua,  merupakan ucapan terima kasih kepada semua yang terkait atas penyususan artikel yaitu yang memberi dukungan dan bantuan seperti orang tua, guru, pembimbing dan teman.
–    Paragraf ke tiga berupa penutup dengan mengajak pembaca untuk memberikan kritik dan saran yang bersifat membangun.
–    Di bagian bawah pojok kanan jangan lupa cantumkan tempat anda, tanggal penulisan, dan nama penulis. 

4.    Buat daftar isi, buatlah daftar isi sesuai dengan elemen makalah dan dihalaman mana dia berada.

5.   Buat BAB I, bagian ini anda dapat menulis tentang :
–    Latar belakang permasalahan
–    Rencana dan ide mengenai permasalahan
–    Ruang lingkup dan proses peneletian
–    Buatlah konsep dan tujuan, serta maslahat atau manfaat dari kasus yang di bahas. 

6.    Buat BAB II, pada bab ini terdiri dari ulasan tentang:
–    Landasan teori
–    Uraian masalah dan materi
–    Perumusan masalah dan penyelesaian
–    Urainan penelitian dan hasilnya 

7.   Buat BAB III, bagian ini berupa penutup
Pada isi penutup ini anda dapat memaparkan hasil penelitian, sisi positif dan negatif dari hasil penelitian, serta memberikan kesimpulan. Pada bagian ini juga berikan kritik dan saran guna perbaikan pada pembahasan yang akan datang. 

8.   Lampiran daftar pustaka
Pada bagian ini merupakan daftar referensi dan sumber penulisan makalah, hal-hal yang perlu diperhatikan untuk membuat daftar pustaka adalah cantumkan dengan jelas seperti judul buku, atau judul dari penulisan, nama, gelar/title, dsb. Daftar pustaka bisa dari semua sumber baik media online maupun offline, semua sumber yang ada di daftar pustaka bukan merupakan penyalinan data tetapi pengambilan ide atau gagasan yang ada.

Untuk membuat makalah yang bagus, anda dapat mengikuti poin-poin Tata Cara Membuat dan Menulis Makalah Yang Baik dan Benar di atas. semoga ulasan ini dapat sedikit membantu dalam tugas pembuatan makalah anda.