-->

Contoh Surat Permohonan Mutasi Kerja PNS/Swasta

Surat Permohonan Mutasi Kerja, - Berkerja di daerah yang sudah tidak diminati lagi sangat tidak menyenangkan, manakala itu terjadi dapat membuat beban perkerjaan menjadi semakin berat dan tentunya tidak krasan. Hal ini sering terjadi pada orang yang berkerja di luar daerahnya sendiri, karena sebagai perkerja baik Negeri maupun Swasta harus mengikuti kebijakan yang telah ditentukan oleh instansi yang memperkerjakannya. Berkerja di kota atau di tempat yang jauh dari kampung halaman seringkali juga membuat orang bosan dan ingin pindah ke daerah asalnya. Apalagi buat orang yang sudah berkeluarga (anak dan istri) berkerja jauh dari mereka sungguh terasa menyiksa sekali. Harapan bisa kumpul dengan anak dan istri hanya dapat diwujudkan dengan pindah lokasi kerja jika anda tidak ingin kehilangan perkerjaan anda saat ini.

Contoh Surat Permohonan Mutasi Kerja PNS

Menjadi seorang pegawai negeri sipil (PNS) sudah tidak dipungkiri lagi menjadi dambaan setiap orang. Untuk bisa diangkat menjadi PNS sangat susah sekali karena deretan persyaratan yang harus dipenuhi ditambah lagi persaingan dikalangan pencari kerja cukup tinggi. Menjadi pegawai negeri sipil merupakan keberuntungan yang besar buat anda yang sudah mendapatkannya. Namun tidak menutup kemungkinan anda mampu menjadi PNS karena bersedia di tempatkan di lokasi yang berbeda alias jauh dari keluarga. Hari demi hari, bulan demi bulan dan tahun demi tahun perasaan ingin kembali ke daerah asal pasti akan datang. Harapan untuk bisa berkumpul dengan orang-orang terdekat seringkali muncul.

Nah, satu-satunya cara jika anda tidak mau kehilangan perkerjaan sekaligus bisa kumpul dengan sanak famili adalah dengan mengajukan surat permohonan mutasi kerja. Tapi untuk pindah kerja atau mutasi lokasi kerja tidak semudah yang anda bayangkan, anda harus menyediakan sederet persyaratan yang harus dipenuhi agar surat permohonan mutasi dapat dipertimbangkan.

Beberapa kelengkapan berkas yang harus anda lampirkan saat mengajukan permohonan mutasi kerja diantaranya adalah :

  • Surat persetujuan dari PPK Asal
  • Surat persetujuan dari PPK yang dituju
  • Copy SK CPNS terlegalisir
  • Copy SK PNS terlegalisir
  • Copy SK KP terlegalisir
  • Copy SK KP Terakhir terlegalisir
  • Copy Konversi NIP terlegalisir
  • Copy Kartu Pegawai terlegalisir
  • Guru (Copy SK Inpassing Guru)
  • Copy Ijazah terakhir terlegalisir
  • Copy DP III 2 (dua) tahun terakhir
  • Surat keterangan tidak pernah terkena hukuman dari pelanggaran disiplin sedang/ringan

Nah, sebelum anda melontarkan surat permohonan mutasi kerja pastikan bahwa anda sudah mengantongi beberapa persyaratan yang tersebut diatas. Lalu bagaimana cara membuat surat permohonannya, berikut ini contohnya dapat anda jadikan referensi.

===================================================================
Malang,  25 Januari 2016

Kepada Yth,
Bupati Malang
Cq. Kepala Badan Kepegawaian
Di -
       Kota Malang

Perihal : Permohonan Pindah Tugas

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini  :

Nama                             : Satriyo Wijoyo S.pd
NIP                                : 123456789
TTL                               : Lamongan, 21 April 1985
Pendidikan Terakhir    : S1 Universitas Airlangga Surabaya
Pangkat/Gol. Ruang    : Penata Muda I/III A.
Unit Kerja                    : SMP N V Kec. Pujon Kab. Malang

Bersama dengan surat ini bermaksud mengajukan permohonan pindah tugas kerja dari Dinas Pendidikan Pemerintah Kabupaten Malang ke Pemerintah Kabupaten Lamongan. Adapun alasan dan tujuan kepindahan saya ini adalah untuk mendekatkan diri dengan keluarga (istri dan anak) yang tinggal dan berdomisili di Kabupaten Lamongan.

Sebagai bahan pertimbangan Ibu, Saya lampirkan :

1. Fotocopy SK CPNS
2. Fotocopy SK PNS
4. Fotocopy Kartu Pegawai
5. Fotocopy  DP3 Tahun Terakhir
6. Daftar Riwayat Hidup
7. Fotocopy Ijazah Terakhir

Demikian surat permohonan ini saya buat, Semoga Ibu bersedia mengabulkannya. Atas perhatian Ibu saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,


      [ttd]
Satriyo Wijoyo S.Pd 
NIP. 123456789
===================================================================

Contoh Surat Permohonan Mutasi Kerja Karyawan Swasta

Ingin pindah kerja atau mutasi kerja bukan saja dialami oleh mereka yang berstatus pegawai negeri sipil, tapi karyawan swasta pun mengalami hal yang demikian. Banyak karyawan swasta yang diberikan tugas di kantor cabang luar kota. Sehingga mereka jauh dari keluarga dan sanak saudara. Perasaan jenuh dan bosan ketika harus terpisah dengan keluarga dalam waktu yang relatif lama membuat mereka ingin pindah kerja ke tempat yang lebih dekat dengan kampung halaman mereka. Alasan ini cukup logis karena pada dasarnya manusia selalu ingin dekat dekat keluarga apalagi keluarga dekat seperti anak dan istri.

Nah untuk mempertahankan perkerjaan anda dan agar dapat berkumpul dengan keluarga, anda bisa mengajukan surat permohonan mutasi kerja ketika terdapat posisi yang sama atau hampir sama dengan yang anda tempati saat ini. Karena dengan jabatan yang sama kemungkinan besar pengajuan anda akan direalisasikan. Jika sudah benar-benar fix ingin pindah dan perlu contoh surat permohonan mutasi kerja untuk karyawan swasta bisa dilihat di bawah ini

===================================================================
Bandung,  25 Januari 2016


Kepada Yth,
HD. Departmen PT. Karya Kencana Bintang
Bandung

Di Tempat

Perihal : Permohonan Mutasi Kerja


Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini  :

Nama              : Sri Lestari Cantika Ningrum
No. Induk         : ID-SA0001234
Jabatan           : Staff Administrasi
Kantor Cab.    : Bandung

Bersama ini bermaksud untuk mengajukan mutasi kerja ke kantor PT. Karya Kencana Bintang cabang Surabaya. Berdasarkan informasi yang saya peroleh bahwa saat ini sedang ada posisi Staff Administrasi yang vacant di kantor cabang tersebut. Adapun alasan kepindahan saya adalah ingin mendekatkan diri dengan keluarga (suami dan anak) yang saat ini tinggal dan berdomisili di Surabaya.

Demikian surat permohonan ini saya buat, Semoga Bapak berkenan mengabulkannya. Atas perhatian dan kebijaksanaannya saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,



          [ttd]
Sri Lestari Cantika Ningrum
Staff Administrasi

===================================================================

Semoga dengan surat permohonan yang telah anda sampaikan anda bisa lekas pindah kerja di tempat yang diharapkan, serta semoga perkerjaan anda semakin lancar dan semakin termudahkan.